Semitau, 25 April 2019. Guna meningkatkan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta dalam upaya mengantisipasi El Nino Tahun 2019, Manggala Agni Brigdalkarhut Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TN Bentarum) bersama dengan PT. Kapuasindo Palm Industry Region Empanang, PT. Buana Tunas Sejahtera dan PT. Sentra Karya Manunggal Region Badau Kencana Group menggelar Pelatihan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan bagi Regu Tanggap Darurat Perkebunan Sawit.

Kegiatan pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan bagi regu tanggap darurat perkebunan diawali di PT. Kapuasindo Palm Industry Region Empanang selama dua hari terhitung dari tanggal 22 s/d 23 April 2019 dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 120 orang. Kegiatan dilanjutkan di PT. Buana Tunas Sejahtera dan PT. Sentra Karya Manunggal Region Badau Kencana Group selama dua hari terhitung dari tanggal 24 s/d 25 April 2019 dengan jumlah 90 orang.

Ruang lingkup kegiatan Pelatihan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan bagi Regu Tanggap Darurat Perkebunan baik Region Empanang maupun Region Badau terdiri dari Materi kelas yang meliputi “Kebijakan dan Strategi Pengendalian Karhutla”, “Dasar-Dasar Kebakaran Hutan dan Lahan”, “Manajemen Pencegahan Karhutla, Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) Melalui Cuka Kayu, Deteksi Dini”, Teknik dan Strategi Pemadaman Karhutla” dan materi praktek “Sistem Komando dan Pemadaman Gabungan”serta Simulasi Pemadaman Kebakaran. Simulasi pemadaman yang dimaksudkan untuk mengimplementasikan semua materi teori dan praktek yang terdapat selama pelatihan. Dalam simulasi, peserta dibagi ke dalam beberapa regu kemudian dilakukan penanggulangan kebakaran dengan tahapan melakukan size up, pemadaman mandiri, pemadaman gabungan dan melakukan moping up.

Selain pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, pada kegiatan ini dilakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dengan sasarannya adalah tokoh-tokoh masyarakat yang meliputi Tumenggung, Patih, Kepala Adat Desa maupun Dusun, Kepala Desa, Kepala Dusun, serta Muspika Lingkup Kecamatan Empanang dan Kecamatan Badau. Narasumber dan instruktur berasal dari Manggala Agni Brigdalkarhut TN Bentarum.

Kepala Brigdalkarhut TN Bentarum Ade Arief menuturkan bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan Pelatihan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, kemampun dan keahlian Regu Tanggap Darurat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Perkebunan Sawit menjadi meningkat dan lebih siap di dalam upaya pananggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah kerjanya. serta meningkatkan pengetahuan bagi masyarakat maupun tokoh masyarakat bahwa dalam hal pembukaan lahan terdapat alternatif pembukaan lahan yang ramah lingkungan melalui Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) dengan Cuka Kayu.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah III Lanjak Gunawan Budi Hartono, S.Hut, M.Si, kegiatan pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan bagi regu tanggap pengendalian kebakaran hutan dan lahan perkebunan sawit merupakan langkah nyata yang dilakukan oleh Manggala Agni Brigdalkarhut TN Bentarum dalam meningkatkan kerjasama dengan para pihak terutama pihak swasta dan masyarakat dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan sebagai upaya kesiapsiagaan dalam mengantisipasi El Nino Tahun 2019. Kedepannya akan terus ditingkatkan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan oleh Manggala Agni Brigdalkarhut TN Bentarum baik melalui peningkatan kapasitas SDM Pengendalian Karhutla, Peningkatan deteksi dini, penyebarluasan infomasi karhutla serta peningkatan patroli dilapangan.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TN Bentarum)

0
0
0
s2sdefault