Semitau, 26 April 2019. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TN Bentarum) mengadakan Latihan dan Simulasi Evakuasi Mandiri Bencana. Latihan ini dilaksanakan di Brigadir Pengendalian Kebakaran (BrigDalKar) TN Bentarum Kecamatan Semitau selama satu hari. Latihan dan simulasi ini merupakan salah satu latihan kesiapsiagaan dalam bentuk latihan koordinasi, komunikasi dan evakuasi dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah maupun masyarakat umum.  

Kepala Balai Besar TN Bentarum, Ir. Arief Mahmud M.Si menjelaskan Dalam latihan dan simulasi mengambil dua kegiatan yaitu Evakuasi mandiri banjir dan Evakuasi mandiri kebakaran. Evakuasi mandiri adalah tindakan individu/masyarakat secara mandiri, cepat, tepat, dan terarah berdasarkan langkah-langkah kerja dalam melakukan penyelamatan diri dari bencana baik bencana alam maupun non alam.

Latihan dan simulasi ini melibatkan 91 orang peserta yang terdiri dari TNI, POLRI, SATPOL-PP, masyarakat dan TN Bentarum. Untuk simulasi kegiatan kebakaran Peserta melakukan simulasi berupa upaya penyelamatan masyarakat yang terjebak dalam kebakaran dan brigdalkar berperan sebagai penolong korban kebakaran. Sedangkan untuk simulasi bencana banjir dengan simulasi Upaya Penyelamatan Korban Banjir dengan adanya masyarakat yang tenggelam dan cedera kemudian diselamatkan oleh Tim PolHut, BrigDalKar, TNI, POLRI dan SatPol PP.

Dalam Latihan dan Simulasi ini juga kesiapsiagaan peralatan, petugas serta koordinasi dengan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) dan pihak lainnya menjadi penilaian dalam penerapan Evakuasi Mandiri Bencana, tambah Areif Mahmud. Peralatan seperti Monilog, Speed, alat pemadam kebakaran, alat komunikasi dan pelampung sangat penting dalam mendukung tugas penyelamatan. Hasil pelatihan tentang SAR dari Pusat Keteknikan KLHK akan dipresentasi oleh bapak Atep Ugan selaku PolHut TN Bentarum.

Untuk itu diharapkan dengan adanya latihan dan simulasi ini tidak hanya bisa dalam bertindak namun bisa mengoperasikan perlengkapan yang dibutuhkan sesuai bencana yang dihadapi dalam keadaan darurat sekalipun. (26/5)

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TN Bentarum)

0
0
0
s2sdefault