Kamis, 27 Juni 2019. Desa Vega Kecamatan Selimbau adalah desa yang diajukan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum  (TaNa Bentarum) sebagai kandidat penerima apresiasi desa binaan konservasi pada Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2019. Desa yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) dianggap sebagai desa model dengan Kelompok Usaha Kejora sebagai penerima bantuan pemberdayaan berupa bantuan bibit ikan Arwana Merah (Schlerofages formosus) dari Balai Besar TaNa Bentarum pada Tahun 2017 dan dianggap mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya dengan konsep perbesaran dan perguliran ikan tersebut.

Bertempat di Kantor Desa Vega dan dihadiri Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah V Selimbau, Penyuluh Kehutanan, Kepala Resort Lupak Mawang, Aparatur Desa, Sekretaris Kelompok Usaha Kejora, Ketua Masyarakat Peduli Api (MPA), Ketua Masyarakat Mitra Polhut (MMP) bersama – sama menjawab beberapa pertanyaan dari tim verifikasi. Kegiatan Verifikasi difokuskan kepada kelompok Perbesaran dan Perguliran Ikan Arwana “Usaha Kejora”.

Menurut Ibu Amel, Verifikator dari Direktorat Kawasan Konservasi “hal yang menarik dari kelompok ini adalah konsep pergulirannya dan harga ikan tersebut sangat tinggi, tetap stabil dan pembeli ikan ini terus berdatangan sehingga anggota kelompok tidak menemui kendala terkait dengan pemasarannya.” Yang dimaksud dengan perbesaran dan perguliran adalah anggota kelompok memelihara ikan arwana dengan waktu maksimal 2 tahun, dengan kurun waktu tersebut  anggota kelompok wajib menukar ikan tersebut dengan 3 bibit ikan dengan jenis yang sama. 3 ekor ikan tersebut dibagi 3 yakni 1 ekor untuk pemelihara, 1 ekor di gulirkan untuk kelompok selanjutnya, dan 1 ekor lagi untuk program pelepasliaran.

“Alhamdulillah sekarang kolompok kita sudah bergulir 3 kali dengan jumlah keseluruhan ikan arwana sebanyak 57 ekor” Ujar Heri Wijaya salah satu anggota kelompok.

Pada kegiatan ini juga dibahas terkait dengan pendampingan dari Balai Besar, Pemerintah Desa dan Lembaga lain yang terlibat pada kegiatan Kelompok Usaha Kejora dan menjadi salah satu point penting penilaian. Menurut Kepala Seksi TN Wilayah V Selimbau bahwa pendampingan dari Balai Besar TaNa Bentarum terus menerus dilakukan oleh petugas Resort Lupak Mawang  dan Penyuluh Kehutanan secara periodik dan terukur.

“Pendampingan dari Balai Besar sudah ada, mulai dari pelatihan peningkatan kapasitas di Semangit dan penyusunan dokumen seperti RKT dan lainnya, untuk Pemerintah Desa Vega juga sudah maksimal salah satunya adalah program pembuatan kolam untuk arwana kelompok Usaha Kejora yang dialokasikan melalui anggaran dana desa tahun 2019” ujar Sekretaris Usaha Kejora.

Menurut bapak Yohanes salah satu verifikator “jarang bisa ditemui pemerintah desa bisa mengalokasikan dana tersebut melalui dana desa.” Timpalnya di sela sela kunjungannya ke taman anggrek hitam.

Harapan kami dari pihak pemerintah dalam hal ini Balai Besar TaNa Bentarum untuk program bantuan peningkatan usaha ekonomi masyarakat harus sesuai dengan keinginan masyarakat dan sesuai dengan karakteristik alam serta dukungan dari desa bisa meningkat. Dan pada akhirnya kesejahteraan dan perekonomian masyarakat Desa Vega meningkat.

 

 

0
0
0
s2sdefault