Semitau, 9 Juli 2019, Manggala Agni Brigdalkarhut Non Daops Semitau Balai Besar Tana Bentarum berhasil melakukan pemadaman kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum. Upaya keberhasilan pemadaman kebakaran hutan tidak terlepas dari kerjasama semua pihak yang terlibat dalam pemadaman antara lain Manggala Agni Brigdalkarhut Non Daops Semitau Balai Besar Tana Bentarum, TPHL Resort Tengkidap, Koramil Suhaid, Polsek Suhaid dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Laut Tawang.

Ade Arief, S.Hut selaku Kepala Brigdalkarhut menuturkan kronologis kebakaran hutan di kawasan TNDS diawali dengan adanya laporan dari Petugas TPHL Resort Tengkidap sdr. Yusniardi melalui Kepala Resort Tengkidap hari Jumát tanggal 5 Juli 2019 sekitar pukul 19.00 WIB bahwa di daerah Penyelawat sekitar Dusun Kenelang Desa Laut Tawang yang termasuk wilayah kerja Resort Tengkidap Seksi PTN Wilayah VI Semitau terjadi kebakaran. Menindaklanjuti laporan tersebut Tim Pemadam Manggala Agni Brigdalkarhut Non Daops Semitau bergerak ke lokasi tersebut pada hari Sabtu tanggal 6 Juli 2019. Kemudian diberangkatkan tim tambahan yang merupakan unsur gabungan Manggala Agni Brigdalkarhut Non Daops Semitau TNBKDS bersama Koramil Suhaid dan Polsek Suhaid ke lokasi kebakaran pada hari Minggu tanggal 7 Juli 2019. Dalam pemadaman ini Masyarakat Peduli Api turut serta di dalam upaya pemadaman kebakaran hutan. Pemadaman kebakaran hutan dilakukan dengan menggunakan peralatan semi mekanis yaitu pompa portable dan peralatan tangan seperti jet shooter. Kebakaran berhasil dipadamkan oleh tim gabungan pada hari Senin tanggal 8 Juli 2019 sekitar pukul 15.30 wib dengan luasan kebakaran 2,66 Ha.

Keberhasilan dalam melakukan pemadaman ditentukan oleh respon yang cepat dalam menyikapi laporan kebakaran sehingga dapat meminmalisir luasan kebakaran, sambungnya lagi.

Kepala Bidang PTN Wilayah III Lanjak Gunawan Budi Hartono, S.Hut, M.Si menuturkan untuk mengantisipasi terjadinya lagi kebakaran hutan, Balai Besar Tana Bentarum terus meningkatkan upaya pengendalian kebakaran hutan diantaranya peningkatan penyadartahuan kepada masyarakat, penguatan kelembagaan di bidang kebakaran hutan melalui pembinaan kepada Masyarakat Peduli Api, Peningkatan Sinergitas para pihak dalam upaya pengendalian kebakaran serta peningkatan upaya deteksi dini kebakaran hutan melalui patroli yang dilaksanakan secara terpadu bersama TNI, Polri dan masyarakat.

0
0
0
s2sdefault