Semitau, 17 November 2020. Kunjungan kerja Wakil Menteri LHK dan Wakil Bupati Kapuas Hulu ke Markas Manggala Agni Brigdalkarhut Tana Bentarum adalah untuk meninjau Early Warning System di TNBKDS sekaligus mengecek kesiapan Personil Manggala Agni Brigdalkarhut dan sarana prasarana pengendalian karhutla serta meninjau pengembangan inovasi di bidang Pengendalian Karhutla.

Manggala Agni Brigdalkarhut Tana Bentarum merupakan salah satu Brigade Manggala Agni yang berada di bawah Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem yang memiliki tugas sebagai pengendali kebakaran hutan dan lahan yang meliputi pencegahan, penanggulangan pemadaman, penanganan pasca kebakaran, dukungan evakuasi dan penyelamatan serta dukungan manajemen di bidang pengendalian karhutla.

Dalam kunjungan kerja ini, Wakil Menteri LHK beserta rombongan disambut dengan menggunakan budaya melayu yaitu dengan rebana dan tepung tawar.

Pada kunjungan kerja ini, Wakil Menteri LHK meninjau langsung proses pembuatan cuka kayu dan pengolahan sampah plastic menjadi bahan bakar minyak (BBM). Kepala Brigdalkarhut Ade Arief, S.Hut menjelaskan bahwa pengembangan inovasi ini dilakukan dalam rangka upaya pencegahan karhutla sehingga dengan pengembangan ini menjadi solusi alternative bagi masyarakat dalam pembukaan lahan tanpa bakar (PLTB).

Pada kunjungan kerja Wakil Menteri LHK, Kepala Bidang PTN Wilayah III Lanjak Gunawan Budi Hartono, S.Hut, M.Si dalam paparannya menjelaskan tentang Early Warning System dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di TNBKDS. Upaya pencegahan karhutla dilakukan dengan peningkatan upaya deteksi dini melalui patroli pencegahan yang meliputi patroli terpadu, patroli berbasis MPA dan patroli udara, pembentukan Posko Siaga di 7 lokasi dan Pos Pantau di 21 titik daerah rawan karhutla serta penguatan alat komunikasi di tingkat tapak.

Kepala Balai Besar TNBKDS Ir. Arief Mahmud, M.Si dalam sambutannya menyampaikan kepada Wakil Menteri LHK bahwa pada tahun 2020 ini, Manggala Agni Brigdalkarhut Tana Bentarum dapat mewujudkan Zero Forest Fire di kawasan TNBKDS. Selanjutnya disampaikan bahwa Kedisiplinan Manggala Agni tidak kalah dengan Polri maupun TNI karena Manggala Agni Brigdalkarhut Tana Bentarum ada piket 24 jam dan apel setiap paginya. Dengan adanya kunjungan kerja Wakil Menteri LHK menambah semangat bagi Manggala Agni Brigdalkarhut Tana Bentarum.

Dalam arahannya, Wakil Menteri LHK Alue Dohong menyampaikan bahwa Kawasan Konservasi Taman Nasional merupakan banteng terakhir kita menjaga alam. Pada arahannya, Wakil Menteri LHK mengapreasi Kepala Balai Besar TNBKDS beserta jajarannya sebagai Pahlawan Penjaga Hutan.

Selanjutnya dalam kunjungan kerja ini, Wakil Menteri LHK mengecek kesiapan personil Manggala Agni Brigdalkarhut beserta sarana dan prasarana pengendalian karhutla. Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon di lingkungan Markas Manggala Agni Brigdalkarhut Tana Bentarum.

0
0
0
s2sdefault