Pulau Majang, 11 Juni 2021. Untuk penilaian apresiasi Desa Binaan, Tim Direktorat Kawasan Konservasi (DitKK), Direktorat Jenderal KSDAE KLHK berkunjung ke Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) tepatnya di Desa Pulau Majang.

Kedatangan tim disambut dengan upacara adat “Tepung Tawar” yang merupakan tradisi masyarakat Adat Melayu yang ada di kawasan TNDS, sebagai penghormatan dan mendoakan keselamatan untuk tamu yang berkunjung ke Desa Pulau Majang.

“Desa Pulau Majang merupakan salah satu desa binaan dari Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danai Sentarum (TaNa Bentarum) yang pada tahun ini mendapatkan kesempatan sebagai salah satu calon penerima apresiasi desa binaan dalam rangka Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2021, yang akan dilakukan penilaian atau verifikasi oleh tim dari DitKK” ucap Lulu Sutrisna, Kepala Seksi Penglolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah VI Semitau .

Kepala Desa Pulau Majang Mus Mulyadi menyambut baik kedatangan Tim dari DitKK “Penilaian Desa Binaan saat ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat Desa Pulau Majang, setelah sebelumnya juga pada tahun 2020, Desa kami mendapatkan sertifikat Desa Proklim Utama” ungkapnya .

“Pemerintah Desa Pulau Majang sangat mendukung  kegiatan Kelompok Kartika, pada periode kedua tauhun ini ada anggaran Desa untuk pengembangan usaha sayuran hidroponik berupa penambahan wadah hidroponik” tambah Mus.

Bisro Sya’Bani, S.Hut. M.Eng selaku Kepala Seksi Bina Daerah Penyangga Subdit BDPZPT turun dalam penilaian langsung dilapangan “ Kami turut senang bisa memantau langsung keadaan Desa Pulau Majang yang berada di dalam Kawasan TNDS sebagai salah satu desa yang dilakukan penilaian apresiasi Desa Binaan tahun 2021” pungkasnya

Beberapa indikator dalam penilaian Desa Binaan diantaranya berupa data dan potenai desa binaan, rencana dokumen pembinaan, tingkat partisipasi dan keterlibatan masyarakat serta para pihak, peran kelompok terhadap Kawasan Konservasi,  pendampingan kelompok desa binaan, usaha ekonomi produktif kelompok binaan dan indikator lainnya.

Saat Kunjungan tim DitKK ini di hadiri pula perwakilan dari Balai Besar TaNa Bentarum, Kelompok Tani Hidroponik Kartika dan Kepala Desa Pulau Majang.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum 

0
0
0
s2sdefault