Sepandan, 10 Juni 2021. Salah satu program dalam pengelolaan taman nasional adalah kegiatan peningkatan pendapatan masyarakat yang hidup di sekitar maupun di dalam kawasan konservasi. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) pada Tahun 2021 memberikan bantuan langsung kepada 10 (sepuluh) desa yang mempunyai ketergantungan terhadap kawasan konservasi.

Desa Sepandan merupakan salah satu desa penyangga kawasan yang akan menerima bantuan berupa uang tunai sebagai modal dalam peningkatan perekonomian masyarakat, yang mempunyai potensi dalam pengembangan wisata alam.

Dalam upaya pengembangan wisata alam Balai Besar TaNa Bentarum membentuk kelompok jasa transportasi dan akomodasi wisata yang diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang peserta dengan melibatkan pengurus desa, BUMDES dan PKK yang dlaksanakan di Balai Adat Desa Sepandan.

“Saya harapkan kegiatan ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, jangan hanya kita jadi penonton saja, tetapi kita harus menjadi pelaku dan aktor utama dalam membangun perekonomian masyarakat, kalau bukan kita siapa lagi yang akan mengubah keadaan kita” pungkas Gunawan Budi Hartono, Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah III Lanjak.

“Harus ada peningkatan kapasitas diantara kita sebagai pemandu wisata transportasi terutama safety first, SOP penerimaan pengunjung, keseragaman harga tiket dan masih banyak lagi kekuranganya yang harus ditutupi sehingga impian kita dalam pengelolaan Taman Nasional Danau Sentarum yang lestari dan masyarakat sejahtera sebagai tujuan bersama dapat terwujud” ungkap Adi Gunawan, Kepala Desa Sepandan.

Pada kesempatan ini juga hadir Bisro Sya’bani, Kepala Seksi Bina Daerah Penyangga Subdit BDPZPT Direktorat Kawasan Konservasi disela-sela kunjungan penilaian desa apresiasi memberikan motivasi kepada masyarakat agar selalu bersemangat dan bersungguh-sungguh menerima bantuan ini sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Sebagai contoh tempat wisata Tangkahan di wilayah  Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh memberikan keuntungan kepada masyarakat sekitar 15 miliar pertahun, ini salah contoh bahwa keberadaan Taman Nasiona sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar” kata Bisro.

Dengan adanya kelompok jasa transportasi dan akomodasi yang baik dan berstandar diharapkan akan meningkatkan jumlah wisatawan dengan pelayanan yang baik, aman dan nyaman sehingga akan berdampak positif bagi pendapatan masyarakat.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum 

 

0
0
0
s2sdefault