Semitau, 27 Juni 2021. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) melalui Manggala Agni Brigdalkarhut Daops Semitau Tana Bentarum bekerjasama dengan PT. Paramitra Internusa Pratama, PT. Kartika Prima Cipta, PT. Persada Graha Mandiri Region Semitau melakukan Pelatihan Dasar Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bagi Masyarakat Siaga Api (MSA) di 13 Desa di 3 Kecamatan Semitau, Kecamatan Suhaid dan Kecamatan Silat Hilir. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 24 s/d 26 Juni 2021 bertempat di PT. Paramitra Internusa Pratama Desa Nanga Seberuang Kecamatan Semitau.

Kegiatan dibuka oleh RC Region Semitau Herman TW yang menyampaikan bahwa penting di dalam upaya pengendalian karhutla terbangun sinergitas yangg kuat. Ditambahkannya perusahaan mempunyai komitmen yang serius dalam upaya pencegahan dan pengendalian karhutla.

Ade Arief, S.Hut selaku Kepala Manggala Agni Brigdalkarhut Daops Semitau TNBKDS menyampaikan pembentukan dan pelatihan ini merupakan program peningkatan peran serta masyarakat dalam pengendalian karhutla melalui pembinaan masyarakat berkesadaran hukum dalam upaya penerapan solusi permanen pengendalian Karhutla di tingkat tapak.

Materi pelatihan yang diberikan meliputi pemberian materi kelas dan Praktek Lapangan. Untuk materi kelas meliputi Teori Dasar Karhutla, Pengenalan Peralatan Dalkarhutla, Manajemen Pencegahan Karhutla, Teknik dan Strategi Pemadaman Karhutla. Sementara untuk praktek lapangan meliputi Tata Cara Penggunaan Peralatan Tangan dan Pembuatan Ilaran Api, Teknik Komunikasi, Pola Pemadaman, Praktek Kering Pemadaman dan Simulasi Pemadaman Karhutla.

Sebagai informasi, pelaksanaan pelatihan diikuti 40 orang peserta yang berasal dari 13 desa dan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh peserta termasuk Narasumber dan Instruktur yang berasal dari Manggala Agni Brigdalkarhut Daops Semitau Tana Bentarum terlebih dahulu melakukan Swab Antigen. Rangkaian kegiatan pelatihan ditutup dengan Apel Gabungan Siaga Api yang dihadiri Muspika Kecamatan Semitau, Kecamatan Suhaid dan Kecamatan Silat Hilir.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

0
0
0
s2sdefault