Putussibau, 1 Agustus 2017. Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) berupaya menyiapkan SDM pengelola melalui kegiatan In-House Training Pengelolaan Kawasan Konservasi yang dilaksanakan di Putussibau pada tanggal 1 Agustus 2017. Kegiatan ini diikuti oleh ASN lingkup BBTNBKDS sebanyak 85 orang. 

Acara In-House Training Pengelolaan Kawasan Konservasi ini sangat penting untuk menyiapkan ASN lingkup BBTNBKDS guna mencapai Sasaran Kinerja dan IKK yang menjadi tanggung jawab BBTNBKDS. Hal ini disampaikan oleh Kepala Balai Besar TNBKDS, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha pada saat membuka acara In-House Training.

Narasumber yang memberikan materi dalam kegiatan ini adalah dari Direktorat Kawasan Konservasi, Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam, Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Kalimantan, National Geographic Indonesia dan dari Operator Wisata yang diwakili Canopy Indonesia.

Materi yang disampaikan adalah Teknik Evaluasi Fungsi dan Revisi Zonasi Taman Nasional, Teknik dan Strategi Pendampingan Desa Binaan Daerah Penyangga, Strategi Membangun Sinergitas dalam perlindungan dan Pengamanan Hutan, Teknis Penulisan Populer di bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup dan Penyiapan Destinasi dan Promosi Wisata. Bentuk kegiatan dilaksanakan metode panelis dan diskusi.

Selanjutnya peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan didampingi oleh masing-masing narasumber untuk berdiskusi lebih mendalam terhadap materi yang disampaikan tersebut.

Keberadaan narasumber yang diundang dalam kegiatan ini bukan hanya memberikan materi pada saat kegiatan, tetapi diharapkan menjadi fasilitator peserta ketika ada hal-hal yang perlu dikonsultasi oleh peserta pada saat melakukan kegiatan teknis di lapangan.

Harapannya, dengan dilakukan kegiatan In-House Training Pengelolaan Kawasan Konservasi ini, BBTNBKDS dapat mencapai target IKK yang menjadi amanat pengelolaannya. (SYMR)

0
0
0
s2sdefault