Putussibau, 13 September 2018. Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) berupaya menyiapkan SDM pengelola salah satunya dengan melalui kegiatan In-House Training Pengelolaan Konservasi Keanekaragaman Hayati yang dilaksanakan di Putussibau pada tanggal 13 – 14 September 2018. Kegiatan ini diikuti oleh ASN Balai Besar TaNa Bentarum dan Forclime-FC sebanyak 30 orang. 

Kepala Balai Besar TaNa Bentarum, dalam hal ini diwakili oleh Gunawan Budi Hartono, Kepala Bidang PTN Wilayah III Lanjak dalam pembukaan acara menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk menyiapkan ASN TaNa Bentarum dan Forclime-FC guna mencapai Sasaran Kinerja dan IKK yang menjadi tanggungjawab Balai Besar Tana Bentarum.

Ardi Andono, Kapala Bidang Teknis  Konservasi menyampaikan “ Materi dalam training ini  sangat berguna dalam pengelolaan Taman Nasional, saya harap teman-teman resort khususnya yang menjadi ujung tombak pengelolaan kawasan, dapat mengikuti training ini dengan serius dan sungguh-sungguh” Pesan Ardi.

Materi yang disampaikan adalah Program Pemberdayaan Masyarakat di Sekitar TNBK & TNDS yang mendukung keanekaragaman hayati, Open Area, Hutan Adat, TORA, Zonasi dan Kemitraan Konservasi, Teknik Fotografi Satwa Liar, Materi Dasar-Dasar GIS dan Pemetaan Menggunakan Android.

Narasumber yang memberikan materi dalam kegiatan ini adalah dari Kepala Bidang Teknis Konservasi, Kepala Bidang PTN Wilayah III Lanjak Balai Besar Tana Bentarum dan Tenaga Ahli Pengelolaan Hutan Forclime-FC. Narasumber dalam kegiatan ini tidak hanya memberikan materi pada saat kegiatan, tetapi diharapkan menjadi fasilitator peserta ketika ada hal-hal yang perlu dikonsultasi oleh peserta pada saat melakukan kegiatan teknis di lapangan.

0
0
0
s2sdefault