Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini dibuka langsung Drs. H. Mohd. Zaini, M. M. selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu di Aula Balai Besar Tana Bentarum dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan anggota PAMHUT UPT KPH Wilayah Kapuas Hulu Selatan. Dalam kegiatan setiap peserta juga menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menerapkan sosial distancing.

“Kebakaran hutan dan lahan sangat merugikan berbagai aspek baik aspek ekonomi, ekologi, politik, kesehatan, hubungan internasional bahkan secara global mempengaruhi perubahan iklim dan pemanasan bumi. Maka, kami sangat mendukung dengan adanya Satgas, Mayarakat Peduli Api, dan tim Brigade pengendalian kebakaran hutan dan lahan, saya juga berharap pelatihan ini sebagai bentuk upaya kita untuk meningkatkan kapasitas tim dalam bertugas” ungkap Zaini dalam sambutannya.

Kegiatan pelatihan berisi diskusi dan materi yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga 16.45 wib. Penyampaian materi dari Kepala BPBD Kab. Kapuas Hulu, Gunawan S. Sos., terkait peran BPBD dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kapuas Hulu. Selain itu, materi terkait strategi pengendalian karhutla tahun 2020 oleh Gunawan Budi Hartono, S.Hut, M.Si, dan materi Dasar-dasar kebakaran hutan dan lahan, Teknik pencegahan kebakaran hutan, Pengenalan peralatan pemadaman, serta teknik dan strategi pemadaman oleh Tim Manggala Agni Brigdalkarhut  Balai Besar TaNa Bentarum.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

0
0
0
s2sdefault