Cuka kayu (Wood vinegar) ini merupakan cairan organik yang dihasilkan dari proses kondensasi asap pembakaran biomasa seperti kayu. Pengolahan dan produksi cuka kayu ini dilakukan oleh kelompok Tani Hutan (KTH) Datah Buluu Pering berada di Desa Datah Dian Kecamatan Putussibau Utara Kabupaten Kapuas Hulu.

Kelompok ini menghasilkan beberapa produk antara lain, Cuka Kayu, Arang Briket dan juga merupakan salah satu Lokasi Budidaya Lebah Kelulut/lebah Trigona. Kegiatan Kelompok kami merupakan salah satu kelompok Binaan dari Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum.

Terdapat beberapa Manfaat Cuka Kayu antara lain :

Mempercepat Tumbuh Tanaman, mengatasi tumbuh tanaman liar, menghilangkan bau tidak sedap pada limbah, menghambat pertumbuhan Mikroorganisme, mencegah tumbuh jamur-jamur, menolak kehadiran binatang kecil (hama) yang menyerang tanaman.

Cara Penggunaan :

1. Campurkan cuka kayu dengan air dengan perbandingan 1:10 (1 liter cuka kayu dengan 10 liter air bersih).

2. Semprotkan Pada Tanaman sebanyak 2 kali (pagi dan sore hari).

Untuk pemesanan dapat dilakukan melalui online shop (Shopee), Koperasi BBTNBKDS, BUMDES Desa Datah Dian dan atau rekan-rekan dapat memanennya secara langsung dengan datang ke lokasi budidaya kami.

Untuk informasi lebih lanjut Kawan-kawan Bisa Menghubungi Bagian Marketing Kelompok Kami melalui WhatsApp dengan Nomor : 0822 5687 3245 an. Yohanes Hajang, S.Pd.

 

Salam Lestari

Kelompok Tani Hutan Buluu Pering Desa Datah Dian.

0
0
0
s2sdefault