Putussibau, 14 Maret 2018. Bukan Rimbawan jika tidak menanam pohon. Ungkapan tersebut rasanya tepat sekali digelorakan apalagi jelang peringatan Hari Bakti Rimbawan. Sebagai bagian dari rangkaian Hari bakti Rimbawan 2018, hari ini Rabu (14/3) Balai Besar TaNa Bentarum bersama masyarakat melakukan penanaman sebanyak 625 batang pohon. 75 batang pohon diantaranya dilakukan di halaman rumah dinas Bupati Kabupaten Kapuas Hulu atau biasa di sebut Taman Alun. Kepala Balai Besar TaNa Bentarum, Arief Mahmud menyampaikan bahwa yang dilakukan oleh instansinya merupakan langkah untuk mengkampanyekan kesadaran cinta lingkungan kepada masyarakat sekaligus membantu pemerintah daerah dalam mempercantik Taman Kota.

Sabtu, 7 Maret 2020 - Erlina Wati, S.HM. Ap,  yang merupakan Anggota DPD RI Komite III yang membidangi pariwisata,  pendidikan,  pemberdayaan perempuan,  perlindungan anak, ekonomi kreatif dan agama,  mengunjungi beberapa lokasi yg ada di Kapuas Hulu yakni Rumah Betang Kelayam Desa Manua Sadap,  yang di lanjutkan ke kawasan Wisata Taman Nasional Danau Sentrum yaitu pulau Sepadan,  Bukit Tekenang dan Desa Semangit. Dalam kunjungan ini erlina wati  membawa salah satu Perusahaan Televisi Nasional yaitu TVRI untuk meliput potensi pariwisata yang ada di Kapuas Hulu.

Kunjungan tersebut dalam rangka pengambilan gambar pembuatan Profil Ibu Erlina Wati sebagai anggota Komisi III DPD Ri sekaligus mengangkat potensi wisata  di Taman Nasional Danau Sentarum melalui wawancara yang dilakukan di beberapa destinasi wisata didalam kawasan konservasi tersebut.

Kapuas Hulu, 27 Maret 2018. Sebanyak 50 siswa di SMA Negeri I Batang Lupar, Kecamatan Lanjak, Kabupaten Kapuas Hulu mengikuti sosialisasi tumbuhan dan satwa liar (TSL) yang dilindungi dalam rangka kegiatan Visit To School Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum). Kegiatan ini  untuk meningkatkan pengetahuan siswa yang ada di Kecamatan Batang Lupar mengenai jenis – jenis tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi, sehingga siswa diharapkan menjadi agen kampanye kelestarian tumbuhan dan satwa liar dimasyarakat. “Kita mencoba memperkenalkan kepada mereka apa saja tumbuhan dan satwa yang dilindungi menurut peraturan” tegas Sukri, Ketua Panitia saat dihubungi tim media.

Putussibau, 16 Maret 2018. Puncak peringatan Hari Bakti Rimbawan (HBR) 2018 di halaman Kantor Balai Besar Tana Bentarum, Jumat (16/3) dimeriahkan oleh atraksi pesawat ultralight (trike) milik Tana Bentarum. Ya, pesawat dengan mesin baling-baling tunggal itu dengan lincah terbang rendah dan sedikit melakukan manuver yang terbilang menghibur dan membanggakan. Layaknya upacara kemerdekaan 17 Agustus di Istana Negara, pesawat ini terbang dari landasan bandara Pangsuma Putussibau menuju lokasi upacara.

Putussibau, 16 Januari 2018. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) berkolaborasi dengan Asian Develoipment Bank (ADB) melakukan kajian potensi sosial-ekonomi di Desa Bungan Jaya kawasan TNBK. Kepala Bidang PTN Wilayah II Kedamin mewakili Kepala BBTNBKDS mengungkapkan bahwa secara umum suku yang mendominasi termasuk kedalam rumpun dayak Punan yang aslinya berasal dari wilayah Kalimantan Timur. “Secara umum masyarakat Desa Bungan Jaya didominasi suku Dayak Punan Hovongan dan beberapa suku dayak lain seperti Dayak Bukat, Dayak Belatung,Dayak Howoung, Dayak Kereho, Dayak Kayan, Melayu, dan Cina” tuturnya.