Mentibat, 9 Oktober 2021. Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) menjadi tuan rumah bagi tiga individu Orangutan (Pongo pygmaeus pygmaeus) betina yang telah lulus rehabilitasi di Sekolah Hutan Jejora yang dikelola oleh Yayasan Penyelamatan Orangutan Sintang (YPOS).

Putussibau, 4 Oktober 2021. Balai besar Taman Nasional Betung kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan Pelatihan Survei dan Pemantauan Ekologi dan Populasi Lutung Sentarum (Presbytis chrysomelas spp cruciger Thomas 1982) selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 4 - 6 Oktober 2021. Pelatihan ini merupakan bagian dari Project Studi Bioekologi dan Konservasi Lutung Sentarum di Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) antara Balai Besar Tana Bentarum bersama IPB.

Putussibau, 23 Agustus 2021. Memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2021, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) sebagai salah satu pengelola kawasan konservasi terbesar di Kalimantan memiliki fungsi salah satunya meningkatkan perekonomian masyarakat baik yang berada di dalam kawasan maupun di sekitar kawasan sesuai dokumen Rencana Induk Pemberdayaan Masyarakat (RIPM) Balai Besar TaNa Bentarum yaitu penyerahan bantuan pemberdayaan masyarakat kepada kelompok binaan. Momentum HKAN ini digunakan Balai Besar TaNa Bentarum untuk mengucurkan dana pemberdayaan masyarakat kepada 11 (sebelas) kelompok di 10 (sepuluh) desa penyangga dengan masing – masing kelompok menerima Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah). Bantuan dana diserahkan secara simbolis pada salah satu acara rangkaian HKAN Tahun 2021 lingkup Balai Besar TaNa Bentarum di Kantor Balai Besar TaNa Bentarum, Kecamatan Putussibau Utara, Senin (23/8/21).

Desa Vega, 27 September 2021. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) baru - baru ini menggelar kegiatan Green School yang dilaksanakan pada tanggal 24-27 September 2021 di Desa Vega dengan menggandeng 23 orang siswa-siswi SMAN 1 Batang Lupar, 2 orang guru pendamping serta 23 orang siswa-siswi SMAN 1 Embaloh Hulu dan 2 orang guru pendamping. Penanaman pondasi lingkungan sejak dini menjadi solusi yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya kepada siswa-siswi tingkat sekolah di sekitar Kabupaten Kapuas Hulu. Selain itu, dapat dijadikan program  sosialisasi  pengelolaan Tana Bentarum kepada masyarakat khususnya siswa-siswi yang bersekolah di Kabupaten Kapuas Hulu dengan harapan terwujudnya kolaborasi antara pengelola UPT dengan masyarakat dalam bidang konservasi dan lingkungan hidup.

Kapuas Hulu, 20 Agustus 2021 - Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum melepasliarkan  satu ekor Buaya Senyulong (Tomistoma schlegelii) pada hari jum'at 20 Agustus 2021 pukul 08.00 di  Danau Sempidan kawasan TN Danau Sentarum. Buaya tersebut merupakan translokasi satwa dari Balai KSDA Jakarta yang semula direncanakan 2 (dua) ekor buaya, namun karena terkendala  teknis pengiriman, maka hanya satu ekor yang bisa di kirim ke kawasan TN. Danau Sentarum.