Putussibau, 20 Januari 2019 - Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) adalah  salah satu tujuan utama wisata di Kalimantan Barat, dengan segala keunikan wilayah dan budaya masyarakatnya, Danau  Sentarum setiap tahunnya selalu didatangi ribuan pengunjung  baik dari dalam maupun luar negeri. Dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap  pengunjung Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) terus menggenjot pembangunan sarana dan prasarana seperti pembangunan jembatan, pembangunan mushola/ fasilitas umum lainnya, pembangunan resort premium, pemasangan penguat signal, pelatihan pemandu wisata bagi masyarakat dan terakhir adalah pembuatan Kapal Bandong Wisata “SENTARUM CRUISE” yang memiliki bobot sekitar 10 ton, panjang  20 meter dan lebar 8 meter dengan kekuatan mesin 6 silinder.

Menurut Kepala Bidang PTN Wilayah III Lanjak, Gunawan Budi H menyampaikan “Kapal Bandong Wisata ini didesain dengan ornament Suku Dayak di bagian bawah (lantai 1) dan ornament Suku Melayu di bagian atas (lantai 2) kapal. Perpaduan ornament dua suku ini melambangkan harmonisasi kehidupan dan hubungan antar suku yang ada di Danau Sentarum. Koeksistensi antara Danau Sentarum dan masyarakat yang tinggal di dalamnya diharapkan dapat melahirkan harmonisasi konservasi dan kesejahteraan”.

Kepala Balai Besar Tana Bentarum, Arief Mahmud  menyampaikan hari ini adalah peresmian nama kapal bandung wisata milik BBTNBKDS yang diresmikan oleh bapak Dirjen KSDAE yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial (BPEE), Arief menambahkan bahwa kapal ini akan diberi nama  SENTARUM CRUISE, pemberian nama ini mengambil terminologi dari salah satu danau yang terdapat didalam kawasan TNDS.

Kegiatan peresmian Kapal Bandong Wisata dilakukan sekaligus dengan acara Peresmian Monumen Cagar Biosfer, Pembinaan Pegawai dan Rapat Koordinasi  Jabatan Fungsional Tertentu Lingkup Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum, yang dilaksanakan selama dua hari dimulai pada  tanggal 20 – 21 Januari 2020 di Kantor Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum yang diikuti oleh seluruh pejabat Fungsional Tertentu, Fungsional Umum dan Anggota Manggala Agni.

Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial (BPEE) Tandya Tjahjana menyampaikan bahwa pembangunan Kapal Bandong Wisata ini sangat penting untuk mendukung kegiatan wisata yang ada di Taman Nasional Danau Sentarum.

Dengan adanya Kapal Bandong Wisata “SENTARUM CRUISE” diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan memberikan kepuasan tersendiri bagi pengunjung yang datang ke ke Taman Nasional Danau Sentarum. SEMAKIN DILESTARIKAN SEMAKIN MENSEJAHTERAKAN !.

0
0
0
s2sdefault