Putussibau, 22 Januari 2020 - Yayasan Penyelamatan OrangUtan Sintang (YPOS) termasuk dalam unit pengelola konservasi primata terbesar di dunia. YPOS beroperasi di bawah perjanjian resmi dengan Kementrian Kehutanan untuk melestarikan orangutan dan ekosistemnya dengan melibatkan masyarakat sekitar. 

Dalam Program Sintang OrangUtan Center (SOC) , YPOS bukan hanya berfokus pada lingkungan saja namun merambat juga pada bidang pendidikan. Pendidikan adalah alat yang sangat penting untuk berkomunikasi dengan masyarakat, terutama mereka yang belum memiliki pengertian dasar mengenai konservasi satwa liar dan habitatnya. Salah satu kunci keberhasilan upaya penyelamatan satwa dan alam adalah pendidikan generasi muda dan komitmen masyarakat.


Untuk menjalankan program nya, YPOS bekerjasama dengan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum (TaNa Bentarum) memberikan Beasiswa untuk siswa(i) tingkat SD, SMP, dan SMA. Penyerahan beasiswa dilaksanakan di SDN 12 Tanjung Durian Mendalam dan di SMAN 1 Putussibau. Upaya ini dilakukan dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian bersama menjaga Taman Nasional dan Orangutan.


“Kami sangat senang sekali diberikan kesempatan menerima beasiswa dari SOC maupun Balai Besar TaNa Bentarum, sangat membantu dan memberi semangat anak-anak kami dalam melanjutkan pendidikan” ucap salah satu orang tua murid.


Petrus Kusnadi sebagai Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga menyebutkan , program-program pendidikan sangat dibutuhkan untuk sekarang dan seterusnya , dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini tentu menunjukan kepedulian kita semua terhadap generasi kedepannya.

Program beasiswa ini berlangsung selama satu tahun setiap awal masuk tahun ajaran baru. Tahun ini sebanyak 62 siswa berkesempatan mendapatkan beasiswa. Sebanyak 31 siswa untuk tingkat SD, 21 siswa untuk tingkat SMP , dan 10 siswa untuk tingkat SMA. Siswa(i) yang berhak menerima beasiswa akan di tempatkan di SDN 11 Tanjung Karang, SDN 12 Tanjung Durian, SDN 19 Tanjung Kuda, SMPN 4 Putussibau, SMAN 1 Putussibau, SMKN 1 Putussibau dan SMA Kristen Setya Putussibau sesuai dengan tingkat pendidikan nya masing-masing. Adanya beasiswa ini sangat berguna bagi orang tua siswa, selain mempermudah anak nya dalam melanjutkan pendidikan , juga meringankan perekonomian orang tua siswa itu sendiri.


“Semoga dengan adanya beasiswa ini dapat membantu masyarakat khususnya yang berinteraksi langsung dengan kawasan” kata Ir. Arief Mahmud M.Si selaku Kepala Balai Besar TaNa Bentarum yang turut andil dalam penyerahan beasiswa.

0
0
0
s2sdefault