Selimbau, 12 Februari 2019. Bertempat di Kantor Seksi PTN Wil. V  Selimbau, Kepala Bidang PTN Wilayah III Lanjak memimpin  rapat tahunan yang diikuti oleh seluruh staf bidang  PTN Wilayah III baik yang berasal dari Seksi PTN Wilayah V Selimbau dan Seksi PTN Wilayah VI Semitau maupun dari Manggala Agni Brigdalkarhut Non Daops Semitau. Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 hari bertujuan untuk  mengevaluasi kegiatan – kegiatan yang  dilaksanakan pada tahun 2019, membahas potensi wilayah yang layak dikembangkan untuk menunjang ekonomi masyarakat, menetapkan kegiatan – kegiatan utama pada tahun 2020, sosialisasi pelaksanaan DIPA 2020 dan kendala lapangan yang dihadapi oleh masing – masing resort.

Kepala Seksi PTN Wilayah V Selimbau  Desra Zullimanysah menyampaikan bahwa kegiatan – kegiatan lingkup Seksi Selimbau berjalan lancar dan sesuai dengan target yang dibebankan namun kendala utamanya adalah kekurangan dana dalam pengembangan sanctuary arwana, “riset kesesuaian habitat dan lainnya sudah dilakukan namun dana pembangunan sanctuary arwana tersebut masih kurang” ucapnya. Hal ini berbeda dengan permasalahan yang disampaikan oleh Kepala Seksi PTN Wilayah VI, Lulu Sutrisno “diwilayah kami kebakaran hutan masih  menjadi salah satu masalah  utama, tetapi kami bersama Manggala Agni Brigdalkarhut Non Daops Semitau sudah mengatur program agar angka kebakaran hutan tahun ini dapat menurun”.

Pada kesempatan ini masing – masing Kepala Resort Lingkup Bidang PTN Wilayah III Lanjak mempresentasikan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan di tahun 2019 , kendala yang dihadapi di lapangan dan beberapa potensi yang layak dikembangkan untuk menunjang ekonomi masyarakat sekitar  sehingga  perekonomian masyarakat dapat meningkat. Selain itu kepala resort menyampaikan rencana – rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada Tahun 2020 baik yang bersifat kedipaan ataupun non DIPA.

Menurut Kepala Bidang  PTN Wilayah III Lanjak Gunawan Budi Hartono, “Ada beberapa kegiatan kunci pada tahun ini salah satunya adalah mendorong pembangunan stasiun riset Langur  (Presbytis  chrysomelas ssp), Sactuary Arwana Merah (Sclerofages formosus), Pendampingan Desa Vega sebagai Desa Percontohan Pengolahan Sampah Plastik, Pengembangan Pusat Penelitian di Tekenang, Pengembangan Madu Asosiasi Periau Muara Belitung (APMB)  dan program Green School”. Saya harapkan semua staf dan karyawan  lingkup bidang III berjalan beriringan dan bersama – sama untuk kemajuan Taman Nasional Danau Sentarum.

0
0
0
s2sdefault