Putussibau, 13 Februari 2020. Berkontribusi dalam bidang pendidikan merupakan salah satu upaya yang dilakukan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) dalam program peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang unggul.

Berbagai hal menarik di kawasan Taman Nasional dikemas didalam sebuah buku, hal ini merupakan salah satu upaya yang disiasati Balai besar Tana Bentarum dalam mempromosikan kawasannya. Sebanyak 16 judul buku telah diserahkan oleh Kepala Balai Besar Tana Bentarum ke Perpustakaan Daerah Kapuas Hulu yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu.

Adapun buku yang didistribusikan yaitu Buku Amfibi, Buku Jelajah Goa di Batas Ujung Negeri, Buku Eksotisme Ujung Batas Negeri, Buku Ekuilibrium Sentarum, Buku Jenis-jenis Burung di Taman Nasional Betung Kerihun, Buku Tumbuhan Bermanfaat di Desa Mensiau, Buku Pewarna Alami, Buku Koleksi Anggrek Alam, Buku Herpetofauna, Buku Ikan Air Tawar Danau Sentarum, Buku Panduan Pengajuan Permohonan Kerjasama Kemitraan Konservasi, Buku Teknik Interpretasi Alam, Buku Naga Di Ujung Negeri, Buku Menilik Tapak Danau Sentarum, Buku Jalur Wisata Muara Tekelan, dan Buku Interpretasi Lingkungan Jalur Wisata Riak Tapang.

Distribusi buku ini sebagai bentuk apresiasi penulis dan Balai Besar pada tuan rumah khususnya Kapuas Hulu yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa dan memiliki nilai jual dalam bidang wisata alam, diharapkan dengan adanya buku-buku ini dapat memberikan informasi yang komprehensif kepada masyarakat terlebih anak sekolah yang ingin mencari informasi terkait Taman Nasional Betung Kerihun dan Taman Nasional Danau Sentarum dan untuk meningkatkan ketertarikan serta kontribusi masyarakat Kapuas Hulu dalam upaya pelestariannya. Papar Ir. Arief Mahmud M.Si selaku kepala Balai Besar Tana Bentarum.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu Muhtaruddin, S.Sos, M.AP sangat mengapresiasikan Balai Besar Tana Bentarum yang telah membantu perpustakaan daerah dalam menambah koleksi buku yang ada. “sebelumnya Bank Indonesia yang telah berpartisipasi, selanjutnya Balai Besar Tana Bentarum juga turut berpartisipasi, tentu kami sangat mengapresiasikan kedua Instansi luar biasa ini”. “harapannya dengan adanya koleksi buku baru ini,  dapat menambah variasi koleksi buku di Perpustakaan Daerah dan  bisa lebih meningkatkan daya tarik bagi pembaca untuk berkunjung "

0
0
0
s2sdefault