Putussibau, 25 Februari 2019. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) mendapatkan penghargaan dari KPPN Putussibau sebagai Satuan Kerja (Satker) yang memperoleh peringkat pertama dalam Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) pada semester II tahun anggaran 2019.

IKPA merupakan indikator yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran dan kepatuhan terhadap regulasi. Perhitungan IKPA dilakukan setiap bulannya dan di akumulasi per semester oleh Kantor Pengelola Perbendaharaan Negara (KPPN) wilayah kerja.

Ada 12 nilai bobot yang di perhitungkan untuk memenuhi target capaian salah satunya minimnya keterlambatan penyampaian laporan serta meminimalisir angka pagu yang minus. Untuk tercapainya target tersebut seluruh pegawai tentu harus berkerjasama agar realisasi anggaran mencapai 100 %. Dalam mencapai target persemester tentu menemui beberapa kendala seperti yang disampaikan Bendahara Balai Besar TaNa Bentarum, Uhirman mengatakan “Kendala-kendala pasti kami temui misalnya dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan terkadang belum konsisten sehingga harus bisa disiasati sebelumnya dan dalam penyampaian laporan kedalam sistem sering terkendala dengan keterbatasan jaringan, namun semuanya bisa teratasi berkat kerja sama yang baik rekan-rekan semua”.

Tiga Satker yang mendapat penghargaan atas capaian IKPA yaitu Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum sebagai peringkat pertama, Kantor Imigrasi Kelas III Putussibau sebagai peringkat ke-dua dan kantor BPJS Kesehatan Putussibau sebagai peringkat ke-tiga. Pemberian penghargaan ini disampaikan langsung oleh Kepala KPPN Putussibau, Heru Marthono. “Kami berharap setiap Satker yang mendapatkan penghargaan tetap mempertahankan kualitas kerjanya ditahun berikutnya.” Pungkas Heru.

“Selamat untuk kita semua atas prestasi sebagai Peringkat Pertama IKPA semester II tahun 2019. Terima kasih atas kerja keras semua personel Balai Besar TaNa Bentarum, usaha kita akhirnya membuahkan hasil terbaik”. Pungkas Arief Mahmud selaku Kepala Balai Besar.

0
0
0
s2sdefault