Putussibau, 19 Mei 2020. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) kembali melakukan fasilitasi peningkatan kapasitas bagi Penyuluh Kehutanan se-Indonesia dengan mengadakan ‘Kuliah On Line’ yang bertemakan “Bagaimana Penyuluh Kehutanan Eksis dan Berkarya Di Saat Pandemi Covid -19”.

Kegiatan ini berlangsung selama  2,5 jam dengan menggunakan aplikasi Zoom dan Live Youtube yang diikuti oleh 369 peserta, terdiri dari Penyuluh Kehutanan yang berasal dari UPT KLHK dan UPT Pemerintah Daerah.

Dr. Soni Trison, S.Hut. M.Si, menjadi narasumber utama pada kegiatan kali ini, beliau adalah Dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. Sedangkan untuk Keynote Speaker yaitu Ir. Arief Mahmud, M.Si, selaku Kepala Balai Besar Tana Bentarum dan Dr. Ir. Mariana Lubis, MM, selaku Kepala Pusat Penyuluhan BP2SDM

Arief Mahmud pada sambutannya menyampaikan “Keadaan Pandemi Covid -19 ini bukanlah sebuah penghalang bagi Penyuluh Kehutanan untuk tetap berkarya dengan segala keterbatasan yang ada” ungkapnya.

“Pada masa Pandemi Covid -19 ini saya berpesan agar Penyuluh Kehutanan tetap melakukan pendampingan ke Kelompok masyarakat melalui telepon atau media sosial, diskusikan dan konsultasikan segala permasalahan melalui aplikasi rapat On Line, menerapkan pola berkerja di rumah, melaksanakan tugas sesuai perintah pimpinan, aktif menyusun materi penyuluhan sebagai bahan pembinaan kelompok, dan tetap  jaga kesehatan serta optimalkan forum jejaring Penyuluh Kehutanan” pungkas Mariana Lubis

Dr. Soni Trison, S.Hut. M.Si pada paparannya menyampaikan bahwa sektor Kehutanan mengalami masalah yang bertubi-tubi maka  Penyuluh Kehutanan sebagai garda terdepan harus mempunyai kompetensi kerja dan adaptasi yang baik serta sebuah TRUST ditingkat tapak.

 “Jadilah Penyuluh Kehutanan yang proaktif, mulailah segala sesuatu dengan gambaran akhirnya, pahami orang lain sebelum orang lain memahami anda, lakukan sinergi dengan pihak lain, selalu dahulukan yang lebih utama, berpikirlah menang/menang jangan berpikir menang/ kalah, asahlah TOOLS anda secara teratur” tegas Soni

Dengan pelaksanaan kegiatan ‘Kuliah On Line’ ini diharapkan dapat memotivasi para Penyuluh Kehutanan se- Indonesia untuk meningkatkan kapasitasnya guna menunjang kinerja di lapangan.

0
0
0
s2sdefault