Putussibau, 7 Juli 2020. Edukasi mengenai pandemi Covid - 19 tidak hanya dilakukan di kota saja, tetapi juga menjangkau masyarakat di dalam kawasan Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) pada 4-6 Juli 2020. Kali ini yang menjadi lokasi kegiatan adalah Desa Bungan Jaya dan Desa Tanjung Lokang yang berada di perhuluan Sungai Kapuas, yang untuk menjangkaunya perlu naik longboat selama 6 - 9 jam dari Putussibau (Ibukota Kabupaten).

Sosialisasi juga dihadiri Muspika Putussibau Selatan, diantaranya Camat, Kapolsek, perwakilan Danramil, dan Kepala SPTN Wilayah IV Nanga Era. Meskipun lokasinya jauh, sosialisasi ini tetap dirasa penting, mengingat masyarakat tetap melakukan mobilisasi ke Putussibau untuk memenuhi kebutuhan mereka, sehingga juga rentan karena berinteraksi dengan masyarakat luas. Selain itu, hal ini juga dalam rangka persiapan "normal baru" di taman nasional.

Kegiatan yang dilakukan juga dalam rangka penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahun Anggaran 2020 hampir kepada 150 KK didua desa tersebut. Dalam sambutannya Camat Putussibau Selatan menyampaikan BLT DD ini diberikan kepada masyarakat untuk meringankan dampak dari pandemic covid19 . Selain itu, sebagai ketua gugus tugas covid19 tingkat kecamatan, Rusli Kulya mengingatkan agar masyarakat senantiasa waspada dan hati2 jika pergi ke putussibau dengan menerapkan protokol kesehatan. Kapolsek Putussibau Selatan menyampaikan agar masyarakat senantiasa menjaga kamtibmas selama pandemik covid 19 ini.

Selain penyampaian BLT DD, dalam kegiatan juga dilakukan pembagian masker dan hand sanitizer sebanyak 300 paket dari pihak Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) untuk kedua desa dan disambut antusias oleh masyarakat dengan memakainya.

Muhamad Ilyas, selaku Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah IV Nanga Era menyampaikan penyuluhan tentang corona, gejalanya, dampak, penyebaran dan cara menghindarinya. Di kesempatan yang lain, Kepala Balai Besar Tana Bentarum, Arief Mahmud menyampaikan bahwa edukasi ini sangat penting untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendukung program pemerintah memutus rantai penyebaran covid19 didaerah.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

0
0
0
s2sdefault