Sertifikasi Pemandu/Interpreter Wisata TaNa Bentarum ini merupakan hasil Kerjasama dari Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK) dengan Balai Besar TaNa Bentarum menggunakan dana hibah ADB FIP-1. Sertifikasi pemandu ini juga melibatkan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kalimantan Barat dan jaringan wisata Kalbar yang diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 27 - 29 April 2021.

Melalui sertifikasi ini, diharapkan upaya pemberdayaan masyarakat dalam bentuk Ijin Usaha Penyediaan Jasa Wisata Alam (IUPJWA) pada UPT Lingkup Direktorat Jenderal KSDAE, khususnya Balai Besar TaNa Bentarum akan semakin optimal. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Road To HKAN 2021 dan peringatan Anniversary 50 tahun Man And Biosphere (MAB).

Kepala Balai Besar TaNa Bentarum menyampaikan “Sertifikasi Pemandu/Interpreter Wisata ini merupakan kesempatan luar biasa yang harus kita manfaatkan semaksimal mungkin. Ambil ilmu sebanyak banyaknya dari para pemateri yang sudah berpengalaman dan pulang nanti kita dengan bangga membawa sertifikat pemandu wisata”, pesan beliau.  

Sebagai informasi, acara pembekalan dibuka langsung oleh Kepala Balai Besar TaNa Bentarum, Bapak Ir. Arief Mahmud, M.Si dan dihadiri peserta yang berasal dari Putussibau dan beberapa Desa Binaan di wilayah TNBK maupun TNDS, seperti Desa Datah Dian, Tanjung Lasa, Semangit, Mensiau, Lanjak, Vega dan Tekenang. Sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan serupa di Kantor Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah (PTNW)  I Mataso untuk para peserta yang berasal dari lokasi sekitar Bidang PTNW I Mataso.  

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

0
0
0
s2sdefault