Sabtu, 7 Maret 2020 - Erlina Wati, S.HM. Ap,  yang merupakan Anggota DPD RI Komite III yang membidangi pariwisata,  pendidikan,  pemberdayaan perempuan,  perlindungan anak, ekonomi kreatif dan agama,  mengunjungi beberapa lokasi yg ada di Kapuas Hulu yakni Rumah Betang Kelayam Desa Manua Sadap,  yang di lanjutkan ke kawasan Wisata Taman Nasional Danau Sentrum yaitu pulau Sepadan,  Bukit Tekenang dan Desa Semangit. Dalam kunjungan ini erlina wati  membawa salah satu Perusahaan Televisi Nasional yaitu TVRI untuk meliput potensi pariwisata yang ada di Kapuas Hulu.

Kunjungan tersebut dalam rangka pengambilan gambar pembuatan Profil Ibu Erlina Wati sebagai anggota Komisi III DPD Ri sekaligus mengangkat potensi wisata  di Taman Nasional Danau Sentarum melalui wawancara yang dilakukan di beberapa destinasi wisata didalam kawasan konservasi tersebut.

Putussibau5 Oktober 2018. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) memberangkatkan 6 anggota dan 3 pamong Saka Wana Bakti Cabang Kapuas Hulu dalam rangka penyelenggaraan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan), Tingkat Nasional Regional Kalimantan Tahun 2018. Kegiatan ini akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 9 s/d 13 Oktober 2018, di Bumi Perkemahan Pantai Lamaru – Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Sadap. 24 September 2018. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TanaBentarum) berkomitmen khususnya Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah (PTNW) I Mataso dalam membina kelompok di kawasan penyangga Sub DAS Embaloh, gelar Giat Penyuluhan Keamanan Pangan kepada Kelompok Rimba Sadap yang merupakan kelompok binaan dengan pengembangan pemanfaatan Biogas untuk peningkatan perekonomian mereka. Dalam upaya tersebut dibutuhkan legalitas bagi produk yang akan diperdagangkan diantaranya  rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten.

Putussibau, 24 September 2018. Saka Wanabakti Kapuas Hulu binaan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun (Tana Bentarum) dan stakeholders memberikan contoh kepada masyarakat Kota Putussibau dan sekitarnya untuk peduli sampah. Hal ini didukung penuh oleh sekitar 214 peserta aksi dari Tana Bentarum, Ketua Mabi Saka, Ketua/Pamong/ Anggota Saka Wanabakti Kapuas Hulu, Saka Bhayangkara Kapuas Hulu, Saka Kalpataru, Saka Bhakti Husada, Kwarcab Putussibau, Kwarran Putussibau Selatan, Tim Reaksi Cepat Kapuas Hulu, SMAN 1 Putussibau, SMAN 2 Putussibau, SMA Muhammadiyah Putussibau, MAN 1 KH,  SMK 1 Putussibau, SMK 2 Putussibau, SMA Kristen Setia, SMA Karya Budi dan Tagana Kapuas Hulu membersihkan sampah yang berserakan di Terminal Bus Putussibau, Pasar Merdeka, Pasar Pagi dan Taman Alun, Terminal Aliran Sungai Kapuas Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu (23/9). Menurut Ketua Saka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu, Ardi Andono, gerakan peduli sampah ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara dalam  rangka World Clean Up Day Tahun 2018 yang telah dimulai dari Jumat (21/9).

Putussibau, 13 September 2018. Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) berupaya menyiapkan SDM pengelola salah satunya dengan melalui kegiatan In-House Training Pengelolaan Konservasi Keanekaragaman Hayati yang dilaksanakan di Putussibau pada tanggal 13 – 14 September 2018. Kegiatan ini diikuti oleh ASN Balai Besar TaNa Bentarum dan Forclime-FC sebanyak 30 orang. 

Kepala Balai Besar TaNa Bentarum, dalam hal ini diwakili oleh Gunawan Budi Hartono, Kepala Bidang PTN Wilayah III Lanjak dalam pembukaan acara menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk menyiapkan ASN TaNa Bentarum dan Forclime-FC guna mencapai Sasaran Kinerja dan IKK yang menjadi tanggungjawab Balai Besar Tana Bentarum.