Lebih lanjut Arif mengatakan bahwa setiap unit kerja harus juga mengirimkan semua data dan informasi ke Sub Bagian Data, Evaluasi dan Humas (DEH). Hal ini untuk memeprcepat dokumen yang harus dikirimkan ke Dirjen KSDAE sebagai kumpulan capaian kinerja lingkup Dirjen kepada Menteri. “pastikan semua unit mengirimkan data kegiatan dan anggaran ke sub bagian DEH untuk mempercepat pembuatan dokumen yang harus dilengkapi segera” tutur Arif.

Dalam paparannya, Kepala Bagian TU Murlan Dameria Pane menekankan subtansi acara yang menyorot pada output dan outcome dari setiap program di masing-masing unit kerja. “yang maksud capaian kinerja disini selain serapan anggaran adalah uraian Perjanjian Kinerja (PK) yang memuat target-target yang harus dicapai di BBTNBKDS sebagai kontrak perjanjian antara Kepala BBTNBKDS dengan Dirjen (KSDAE)” ujurnya.

Dia mencontohkan target jumlah kunjungan wisatawan yang dibebankan kepada BBTNBKDS sejumlah 550 orang baik WNA maupun WNI. Ditambahkannya, setiap unit harus mencermati kembali output program yang dicapai karena ini akan menjadi akumulasi kinerja Balai yang akan dilaporkan kepada Dirjen KSDAE.

Selain Kepala Balai dan Kepala Bagian TU hadir pula Kepala Bidang Teknis, Kepala Bidang Wilayah PTN I, II dan III serta pengawas lingkup Balai Besar TNBKDS. Hal lain yang mendesak untuk dilakukan adalah sinkronisasi data terkait jumlah populasi orangutan antar wilayah. Selain itu juga terdapat kesepakatan yang dihasilkan untuk perbaikan di tahun 2018 mendatang.

0
0
0
s2sdefault