"Acara bersih sampah ini bagian dari pembinaan Saka Wanabakti KH yang telah kita lakukan dari Jumat hingga puncaknya minggu” jelasnya kepada Tim Media. Ditambahkan Zainal, Saka KH rencananya akan melakukan kegiatan kemah bersama di Resort Sempadan, Seksi PTN Wilayah V Selimbau Taman Nasional Danau Sentarum. Hal ini menurutnya dilakukan untuk mempersiapkan diri dalam ajang kemah nasional pramuka atau Pertiwana Nasional di Balikpapan. “kami masih survey lokasi untuk persiapan kemah Saka sebagai persiapan menghadiri Pertiwana Nasional di Balikpapan, kegiatan pembinaan ini saya harapkan mampu meningkatkan prestasi adik-adik saka dalam ajang tersebut” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pamong Saka KH, Mustarrudin, saat memberikan penjelasannya mengatakan bahwa dirinya baru saja melantik Ketua Dewan Saka KH kepengurusan 2018-2020. “ketua dewan saka terpilih adik Sawal dan dihadiri oleh 35 anggota” jelasnya. Mustar menekankan kembali pentingnya konsolidasi antara pamong dan anggota dewan Saka untuk menghadapi ajang pramuka nasional (Pertiwana) yang akan diselenggarakan di Kota Balikpapan. Dirinya berharap kepengurusan baru mampu mengharumkan nama Kapuas Hulu dengan menorehkan prestasi terbaik dalam ajang nasional tersebut. “dengan terpilihnya dewan saka yang baru, saya berharap kedepannya Saka Wanabakti cabang Kapuas Hulu bias bersaing di tingkat nasional” tuturnya. Mustar juga berharap semakin banyak generasi muda Kapuas Hulu yang mampu berkiprah nyata dalam pengelolaan lingkungan serta menginspirasi masyarakat untuk bersama mengelola alam melalui gerakan Saka Wanabakti. “semoga kepengurusan yang baru ini bisa bekerjasama dalam membina generasi muda khususnya bidang konservasi dan kampanye perlindungan keanekaragaman hayati dan ekosistemnya”pungkas Mustar.

Saka Wanabakti Kapuas Hulu merupakan salah satu dari gerakan pramuka binaan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun (Tana Bentarum). Eksistensi Saka KH terlihat dari beberapa kegiatan kemanusiaan diantaranya kampanye perlindungan satwa yang dilindungi, gerakan kemanusiaan berupa pengumpulan dana bagi korban kebakaran di Rumah Betang Melapi, gerakan penanaman pohon serta edukasi kepada siswa sekolah dasar di Kabupaten Kapuas Hulu. Bahkan, saat ini Saka KH diakui sebagai salah satu Saka Wanabakti yang teraktif untuk wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

0
0
0
s2sdefault