Putussibau, 4 Oktober 2021. Balai besar Taman Nasional Betung kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan Pelatihan Survei dan Pemantauan Ekologi dan Populasi Lutung Sentarum (Presbytis chrysomelas spp cruciger Thomas 1982) selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 4 - 6 Oktober 2021. Pelatihan ini merupakan bagian dari Project Studi Bioekologi dan Konservasi Lutung Sentarum di Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) antara Balai Besar Tana Bentarum bersama IPB.

Pelatihan yang digelar di Aula Kantor Balai Besar Tana Bentarum ini awalnya dibuka pagi hari terpaksa harus diundur pada malam hari mengingat kondisi di Putussibau dan kantor Balai terkena dampak banjir. Dampak banjir tidak menyurutkan minat peserta pelatihan, terbukti sebanyak 30 peserta dari Tana Bentarum berpartisipasi mengingat keberadaan lutung sentarum sering di jumpai oleh tim saat melaksanakan tugas di lapangan. Selain itu  juga meningkatkan pengetahuan untuk mengenal lutung sentarum lebih dalam.

Penyampaian materi disampaikan oleh Dr. Ir. Nyoto Santoso, MS sebagai ahli dalam bidang ekologi primata dan Dede Aulia Rahman, S. Hut., M. Si., PhD sebagai ahli dalam bidang ekologi kuantitatif, permodelan ekologi dan biologi konservasi IPB.

Kepala Balai Besar TaNa Bentarum dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan salah satu implementasi dari 10 cara baru kelola kawasan konservasi di Indonesia yang dicetuskan oleh Direktur Jenderal KSDAE Bapak Ir. Wiratno M. Sc yaitu pada poin "Pengambilan Keputusan Berbasis Sains". Harapan beliau dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan petugas Balai Besar TaNa Bentarum dalam hal pengambilan data lapangan khususnya primata lutung sentarum (Presbytis chrysomelas spp cruciger Thomas 1982) dan potensi satwa liar lainnya.

Pelatihan dibuka secara langsung oleh Kepala Balai Besar Tana Bentarum Bapak Wahju Rudianto, S. Pi., M. Si, yang juga dihadiri oleh Bapak Dr. Ir. Nyoto Santoso, MS selaku penanggung jawab proyek Studi Ekologi dan Konservasi Lutung Sentarum (Presbytis chrysomelas spp cruciger Thomas 1982), Pejabat Struktural Administrator dan Pengawas lingkup Balai Besar TaNa Bentarum, serta peserta pelatihan.