Semitau, 28 November 2021. Mengoptimalkan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional yang dilengkapi dengan peraturan, pedoman, standar dan prosedur baku sebagai landasan kerja. Untuk menjadikan SDM yang berkualitas dan profesional, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) menyelenggarakan Penyegaran Manggala Agni Brigdalkarhut selama 3 (tiga) hari terhitung mulai tanggal 23 s/d 25 November 2021 di Hotel Natuna Palm Beach Pasir Panjang Pak Lotay Singkawang, yang diikuti o40 (empat puluh) personil Manggala Agni Brigdalkarhut TaNa Bentarum.

Penyegaran ini dibuka oleh Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah VI Semitau Lulu Sutrisno, S.Hut, M.I.L. yang menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan dan keterampilan setiap anggota Manggala Agni Brigdalkarhut TaNa Bentarum sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam upaya pengendalian karhutla, tuturnya.

Ade Arief, S.Hut selaku Kepala Bridgalkarhut menuturkan kegiatan penyegaran Manggala Agni Brigdalkarhut meliputi materi kelas, praktek dan simulasi serta Outbound dan Ice Breaking. Materi-materi yang disampaikan antara lain Strategi Pengendalian Karhutla dan Tata Hubungan Kerja, Teknik Pencegahan Karhutla Partisipatif, Water Rescue, dan Medical First Responder. Selain materi kelas, peserta diberikan praktek lapang dan simulasi mengenai Water Rescue dan Medical First Responder. Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Kalimantan dan Badan Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) – KPP.

Selain itu, untuk meningkatkan kerjasama, kekompakan serta untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan, dilakukan Outbound yang meliputi lomba ketangkasan regu dalam sirkuit halang rintang, kemudian dilanjutkan dengan permainan memindahkan botol air dari 1 tempat ke tempat lainnya maupun memindahkan tepung dari gelas satu ke gelas lainnya sampai dengan titik yang sudah ditentukan. Serta dilakukan juga Ice Breaking untuk meningkatkan loyalitas dan kekompakan tim.

Junaidi, S.Hut, M.Si selaku Kepala Bidang PTN Wilayah I Mataso mengungkapkan kegiatan penyegaran ini dimaksudkan untuk meningkatkan semangat kerja dan kekompakan dalam menjalankan perannya sebagai Brigade Pengendalian Karhutla sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pegendalian karhutla. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan setiap personil Manggala Agni Brigdalkarhut TaNa Bentarum sehingga menjadi Brigade Pengendalian Karhut yang tangguh dan profesional.