Semangit, 1 Desember 2021. Sudah hampir 3 (tiga) pekan kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) mengalami kenaikan muka air yang disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi dimana hal ini mengakibatkan banjir pada desa-desa yang berada di dalam maupun di luar kawasan.

Peduli bencana banjir tersebut, Resort Semangit Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) dan KPP (Kelompok Pengelola Pariwisata) Semujan Dorsata kembali menyerahkan paket bantuan peduli bencana banjir di Desa Nanga Leboyan sejumlah 192 paket, bantuan ini bersumber dari kerjasama antara Balai Besar TaNa Bentarum dengan CIFOR (Center for International Forestry Research).

Kegiatan ini merupakan kali kedua Resort Semangit dan KPP Semujan Dorsata melakukan penyerahan bantuan pada masyarakat yang tinggal di dalam kawasan TNDS, setelah sebelumnya juga dilakukan kegiatan yang sama.

"Ini merupakan penyerahan bantuan tahap ke ll setelah sebelumnya telah diserahkan paket bantuan sejumlah 29 paket bagi masyarakat di Desa Nanga Leboyan, dimana hampir 90% rumah warga terdampak banjir " ungkap Gunawan, selaku Kepala Bidang PTN Wilayah lll Lanjak.

"Bantuan ini merupakan bentuk perhatian semua pihak kepada masyarakat yang sedang mengalami bencana banjir, dengan harapan dapat meringankan beban masyarakat Desa Nanga Leboyan " pungkas Wahju Rudianto Kepala Balai Besar TaNa Bentarum,.

Ditambahkan oleh Wahju bahwa pihak Balai Besar TaNa Bentarum akan melakukan kegiatan yang sama dibeberapa desa lainnya, khususnya masyarakat yang berdomisili di dalam kawasan TNDS yang terdampak banjir.

"Kita akan melaksanakan kegiatan yang sama di desa-desa lainnya, ini tentunya bukanlah sebuah solusi atas bencana ini, tetapi merupakan wujud kepedulian kami bagi masyarakat yang terdampak banjir di Kawasan TNDS”, tambah Wahju.

Kepala Desa Nanga Leboyan, Syamsul Bahari, menyambut dengan baik dan ikut serta dalam kegiatan penyerahan bantuan. "Atas nama pribadi dan seluruh masyarakat Nanga Leboyan kami mengucapkan terima kasih kepada Balai Besar TaNa Bentarum dan CIFOR atas bantuan yang disalurkan, semoga semua pihak yang terlibat baik bantuan materil, tenaga maupun doa dari rekan rekan semua mendapatkan balasan dari Tuhan YME" ungkap Syamsul.