Yogyakarta, 5 Desember 2021. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) mengikuti kegiatan TravelMart Ekowisata Pemanfaatan Jasa Lingkungan yang di laksanakan di Ambarukmo Plaza Yogyakarta pada tanggal 3 hingga 5 Desember 2021.

TravelMart Ekowisata Pemanfaatan Jasa Lingkungan merupakan salah satu media promosi dan sosialisasi destinasi destinasi ekowisata baik yang ada di Taman Nasional maupun Taman Wisata Alam yang ada di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).  Kegiatan ini mengusung konsep Business to Business  dengan metode Buyer meet Seller dan dilakukan secara hybrid (online dan offline). Kegiatan yang difasilitasi oleh Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi ini di ikuti hingga 28 peserta yang tersebar dari seluruh Penjuru Nusantara, baik perwakilan dari Balai Taman Nasional maupun Balai KSDA di lingkup Ditjen KSDAE.

Acara Travelmart Ekowisata ini dibuka langsung oleh Direktur Jenderal KSDAE, bapak Wiratno. Dalam arahannya, beliau perpesan agar seluruh peserta TravelMart “menjual” potensi potensi wisata di wilayahnya masing masing secara sungguh sungguh dan sesuai kaidah yang ada. Forum ini mempertemukan penyedia jasa dan pengelola wisata alam dengan pelaku industri wisata alam dan stake holder lainnya, berpeluang membuka peluang investasi dan mendorong percepatan pembangunan di lokasi destinasi (infrastruktur, promosi dan sistem keamanan).

Balai Besar Tana Bentarum sebagai salah satu perwakilan dari Region Kalimantan berkesempatan mengenalkan dan mempromosikan berbagai potensi ekowisata kepada para travel agent wisata yang di undang khusus maupun kepada para pengunjung Ambarukmo plaza yang hadir. Kegiatan ini menjadi sarana efektif bagi Tana bentarum sebagai pengelola jasa wisata alam dalam  memperkenalkan dan menawarkan produk wisata alam yang di kelola kepada para buyer (industri pariwisata, operator travel dan stake holder lainnya), lengkap dengan fasilitas sarana dan prasarana penunjangnya serta peluang investasi jasa wisata alam lainnya. Kesempatan ini juga memungkinkan para seller dan buyer untuk mendapatkan informasi dan membuat kesepakatan – kesepakatan Kerjasama dan bisnis antar para pelaku usaha kedepannya. ArsaWisata Tour sebagai salah satu agent travel yang turut serta hadir sebagai buyer pada kesempatan ini, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menarik dan pontensial dalam mengenalkan para agent travel local maupun nasional untuk membawa wisatawan pada berbagai atraksi wisata yang ada di berbagai daerah.

“Even ini merupakan peluang promosi yang efektif bagi setiap UPT untuk menarik simpati para investor agar mau berinvestasi atau para travel agent agar tertarik membawa pengunjung ke destinasi wisata yang ada di setiap taman nasional atau taman wisata alam”. ungkap Wahju Rudianto, Kepala Balai Besar TaNa Bentarum

“Dimasa pandemi ini wisata alam berbasis Kawasan hutan sebagai “healing forest” merupakan destinasi wisata pilihan dan favorit” tambah Wahju.