Putussibau, 11 Januari 2022. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) bersama Tim Penelitian Langur Sentarum (Presbytis chrysomelas ssp. Cruciger) dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan pertemuan dan presentasi proposal penelitian lanjutan Langur sentarum tahun 2022.

Penelitian akan dilaksanakan selama satu bulan mulai dari Januari sampai Februari 2022 yang dilakukan pada kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) tepatnya di Resort Lupak Mawang dan Resort Semangit. Mengingat keberadaan Langur di sekitar kedua resort.

“Pada prinsipnya kami menekankan kepada tim penelitian harus mengetahui potensi Langur Sentarum yang berada di Tana Bentarum, mengetahui informasi Tren dan pola sebarannya, mengetahui tipologi masyarakat didalam maupun disekitar kawasan serta mengetahui nilai pemanfaatan kawasan baik untuk masyarakat maupun negara” jelas Kepala Balai Besar Tana Bentarum, Wahju Rudianto, S.Pi., M.Si.

Turut hadir secara virtual juga Bapak Nyoto Santoso selaku Direktur Program Studi Bioekologi dan Konservasi Lutung di TNDS berpesan “Dengan adanya penelitian lanjutan Lutung Sentarum ini dapat menyajikan data yang akurat dan dapat mencukupi data bioekologinya”.

Presentasi ini dilaksanakan melalui tatap muka langsung (Offline) dan melalui Zoom Meeting (Online) bersama Kepala Balai Besar Tana Bentarum, Kepala Bidang Tata Usaha, Plt. Kepala Bidang Teknis TN, Kepala Bidang PTN Wil. I Mataso, Kepala Bidang PTN Wil. III Lanjak, Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB, Direktur Program Studi Bioekologi dan Konservasi Langur di TNDS, Tim Penelitian dan Staf Balai Besar Tana Bentarum. (11/1)