Putussibau, 17 Maret 2022. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Balai Besar TaNa Bentarum) menggelar pelatihan pengelolaan keuangan di Hotel Multi Sentosa bagi kelompok pengelola pariwisata yang berasal dari kawasan Taman Nasional Danau Sentarum. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelompok masyarakat dalam mengelola ekowisata khususnya pengelolaan keuangan.

Pelatihan yang bertajuk “Pelatihan Pengelolaan Keuangan Untuk Ekowisata Keberlanjutan di Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) Berbasis Masyarakat” ini akan membuka wawasan peserta mengenai pengantar pariwisata berkelanjutan, pemahaman dasar pengelolaan keuangan, pelaporan dan pembukuan sederhana baik itu secara teori maupun praktik. 

Pelatihan yang dilaksanakan mulai tanggal 15 sampai 17 Maret 2022 ini dihadiri 30 peserta kelompok pengelola pariwisata. Selain itu, hadir juga Kepala Balai Besar TaNa Bentarum, Wahju Rudianto didampingi perwakilan pejabat administator lingkup Balai Besar TaNa Bentarum. Adapun narasumbernya berasal dari Indonesian Ecoturism Network (Indecon) yang ahli dibidangnya. 

Wahju Rudianto dalam sambutannya menyebutkan bahwa Balai Besar TaNa Bentarum selalu berupaya dalam meningkatkan kapasitas masyarakat untuk berkelompok dan berorganisasi. “Kedepan semoga Balai Besar Balai Besar TaNa Bentarum dapat terus memberikan dukungan berupa pembinaan, sehingga kelompok dapat terus maju, berkembang, berkontribusi kepada negara dan kelestarian alam tetap terjaga”, tuturnya. Selain akan diberikan ilmu tentang dasar manejemen ekowisata dan pengelolaan keuangan, Wahju Rudianto berharap peserta bisa memahami regulasi/aturan pengajuan izin usaha pemanfaatan jasa wisata alam.