Datah Dian, 2 Maret 2022. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) menggelar Fasilitasi Kesepakatan Konservasi dan Penyusunan Rencana Kelompok dalam Rangka Ekowisata pada Kelompok Pengelola Pariwisata (KPP) di Rumah Adat Dusun Ma’ Suling , Desa Datah Dian selama tiga hari pada 31 Maret-2 April 2022.

Putussibau, 31 Maret 2022. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) mengadakan Pelatihan/Penyegaran Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Bungan Jaya dan Desa Tanjung Lokang pada tanggal 30-31 Maret 2022 di Hotel Uncak Kapuas Putussibau. Pelatihan/Penyegaran ini diharapkan rutin dilaksanakan guna menyadartahukan masyarakat dan memberikan wawasan, pengetahuan serta keterampilan kepada masyarakat sehingga menjadi agen di desa dan membantu Taman Nasional untuk pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan di wilayahnya masing-masing.

Putussibau, 17 Maret 2022. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Balai Besar TaNa Bentarum) menggelar pelatihan pengelolaan keuangan di Hotel Multi Sentosa bagi kelompok pengelola pariwisata yang berasal dari kawasan Taman Nasional Danau Sentarum. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelompok masyarakat dalam mengelola ekowisata khususnya pengelolaan keuangan.

Sekulat, 5 Desember 2021. Banjir yang melanda hampir di semua Desa di dalam kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) dan menggenangi sebagian besar rumah masyarakat sangat berdampak terhadap perekonomian mereka. Hal ini disebankan karena masyarakat harus mengamankan barang di rumah agar tidak terendam banjir sehingga aktivitas rutin masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian terganggu, dan menyebabkan pendapatan masyarakat menurun karena jumlah tangkapan ikan yang sedikit.