Semitau, 15 Agustus 2021. Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)  Ir. Arief Mahmud, M.Si memimpin Apel Gelar Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) lingkup internal Balai Besar TaNa Bentarum yang dilaksanakan di halaman Markas Komando Manggala Agni Brigdalkarhut Daops Semitau.  Arief Mahmud melakukan pemeriksaan dan pengecekan kesiapan personil dan Sarpras Pengendalian karhutla Manggala Agni Brigdalkarhut Daops Semitau.

"Apel siaga ini merupakan tekad dan spirit kita semua untuk semakin meningkatkan kebersamaan dan kesiapan kita dalam mencegah terjadinya karhutla" tutur Arief.

Pada saat ini sudah memasuki musim kemarau Tahun 2021, dimana jumlah hotspot di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu mengalami peningkatan, selain itu kondisi kawasan TN Danau Sentarum mengalami penurunan debit air sehingga potensi kerawanan mengalami peningkatan. 

"Dengan kondisi saat ini, maka upaya kita dalam deteksi dini harus semakin ditingkatkan guna mencegah terjadinya karhutla melalui peningkatan Early Warning System, Monitoring Hotspot dan penyebaran informasi karhutla, Pengaktifan 7 Posko Siaga di desa-desa rawan kebakaran dan 21 Pos Pantau di daerah-daerah rawan kebakaran, penguatan alat komunikasi di tingkat tapak dan peningkatan peran aktif masyarakat MPA maupun MMP melalui patroli pencegahan kebakaran dan peningkatan patroli terpadu bersama pihak lainnya serta patroli udara. Hal ini sebagai wujud dari komitmen Balai Besar TaNa Bentarum untuk menciptakan Zero Forest Fire di kawasan TN. Betung Kerihun dan TN. Danau Sentarum" tambah Arief.

Selain itu, Arief menyampaikan di masa pandemi Covid-19 ini setiap personil perlu terus menjaga kondisi kesehatan dengan tetap menjalankan Prosedur Kesehatan (Prokes) Covid-19. Saat ini jumlah orang yang terkena Covid-19 semakin meningkat, Arief menghimbau kepada seluruh personil Manggala Agni Brigdalkarhut Daops Semitau untuk tetap menjalankan Prokes dalam melaksanakan tugas pengendalian karhutla sehingga upaya pengendalian karhutla dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Turut hadir Kepala Bidang PTN Wilayah III Lanjak Gunawan Budi Hartono, S.Hut, M.Si dan Kepala Seksi PTN Wilayah VI Semitau Lulu Sutrisno, S.Hut, M.I.L.