Kapuas Hulu, 20 Agustus 2021 - Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum melepasliarkan  satu ekor Buaya Senyulong (Tomistoma schlegelii) pada hari jum'at 20 Agustus 2021 pukul 08.00 di  Danau Sempidan kawasan TN Danau Sentarum. Buaya tersebut merupakan translokasi satwa dari Balai KSDA Jakarta yang semula direncanakan 2 (dua) ekor buaya, namun karena terkendala  teknis pengiriman, maka hanya satu ekor yang bisa di kirim ke kawasan TN. Danau Sentarum.

Proses pelepasliaran 1 ekor buaya dengan panjang 70 cn tersebut di wilayah Resort Pulau Majang TN. Danau sentarum, dilaksanakan oleh Petugas Taman Nasional dan Kelompok masyarakat binaan diantaranya Masyarakat Mitra Polhut dan Masayrakat Peduli Api Pulau majang. Moment  pelepasliaran Buaya Senyulong ini di kawasan TN Danau Sentarum bertepatan dengan rangkaian peringatan Hari Konservasi Alam Nasional tahun 2021 dan Hari Kemerdekaan RI sebagai bagian memerdekakan satwa, sekaligus untuk upaya konservasi in-situ terhadap satwa tersebut.

Kegitan pelepasliaran satwa ini diharapkan menjadi sarana publikasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang upaya pelestarian satwa liar di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum.